by

Supaya Tak Tertipu, Ini Tips Membeli Motor Bekas Secara Online

Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini, ketika membeli kendaraan, baik baru atau bekas sudah bisa dilakukan secara online. Artinya, calon konsumen tidak perlu lagi datang ke diler, dan bisa dilakukan hanya lewat dunia maya.

Namun, ketika memilih untuk membeli motor secara online, terlebih motor bekas, risiko tertipu lebih besar. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak menjadi korban penipuan saat membeli motor bekas secara online, seperti dilansir laman resmi Federal Oil.

Sebelum memutuskan membeli motor bekas di internet, Pertama-tama sebaiknya cari tahu dulu harga pasaran untuk motor bekas yang diinginkan. Mencari perbandingan harga ini penting, karena jangan sampai tertipu dengan harga murah.

Biasanya motor yang dijual secara online dengan harga murah dan kondisi motor sangat mulus, itu merupakan salah satu modus penipuan.

Langkah kedua selanjutnya, cari tahu identitas dan riwayat si penjual. Calon konsumen, bisa melihat dari rating yang diberikan oleh pembeli sebelumnya, selain itu juga bisa melihat berapa lama si penjual berjualan secara online.

Jika masih baru sebaiknya perlu waspada, meskipun tidak semuanya berniat untuk menipu meskipun belum lama menjadi pedagangs ecara online.

Langkah ketiga, silakan mencari referensi dari rekan Anda yang pernah membeli motor bekas secara online. Dengan cara ini, dapat diketahui lebih pasti rekam jejak si penjual motor bekas dan kualitas motor yang dijajakannya.

Tips keempat

Tips langkah ke empat ini, melakukan pengecekan unit secara langsung. Hubungi penjual supaya bisa diajak bertemu dan melihat unitnya secara langsung.

Jika penjual minta transfer sejumlah uang terlebih dahulu dengan alasan apapun, sebaiknya jangan dituruti, karena banyak kejadian begitu uang sudah ditransfer ternyata penjualnya kabur malah tidak ada kabar sama sekali.

sumber: liputan6.com

News Feed